10/02/10

Paradoks .. Paradoks ..





Theories are used in attempts to explain certain observed phenomena. A successful theory has a major practical result that enables us to predictin advance the consequences of various occurances.
(teori digunakan untuk menerangkan fenomena tertentu yang diamati. Teori yang sukses adalah hasil dari pengamatan praktis dan mampu memprediksikan lebih lanjut akibat dari beragam kejadian).

Dalam buku the death of economic,Paul Ormerod mengungkapkan adanya ketidakcocokan antara teori ekonomi dan fakta yang terjadi dalam dunia nyata. Antara lain dia mencontohkan harga saham yang terjadi di berbagai bursa efek yang tidak berdasarkan kondisi keuangan perusahaan bersangkutan. Tetapi lebih ditentukan oleh kuatnya isu yang dilontarkan para pialang saham. Apabila pialang dominan melontarkan isu untuk membeli surat berharga ,para investor akan berlomba-lomba membelinya.

Apabila dalam hitungan menit ,jam,hari,detik sang pialang dominan melontarkan lagi isu sebaliknya ,yakni isu jual atas surat berharga yang sama,maka para investor akan berlomba-lomba menjualnya. Tujuannya tidak lain adalah memperoleh keuntungan dari selisih harga beli dan jual atas saham tersebut.

Lontaran isu tersebut sama sekali tidak mengacu pada kondisi keuangan perusahaan yang sebenarnya. Seharusnya,isu beli terjadi apabila kondisi keuangan perusahaan emiten cenderung baik,dan sebaliknya. Artinya ,dalam hal ini para pialang telah berbuat kebohongan terhadap publik dengan melontarkan isu beli,padahal pada saat yang sama kondisi keuangan perusahaan emiten cenderung jeblok. Memang tidak etis karena melontarkan suatu kebohongan . Kebohongan yang menyebabkan kekacauan teori yang tidak dapat dihindarkan.



...P.Ormerod

0 comment:

Posting Komentar