30/01/10

LIAR LIAR DAN DUNIA KEJUJURAN


Dari sebuah film yang dibintangi Jim Carrey .. Liar Liar ternyata memiliki hubungan dengan Ilmu Ekonomi dan memiliki banyak kesamaan.

Coba simak film tersebut,film yang bercerita tentang Fletcher Reede,yang berjanji untuk memenuhi permintaan putranya yang berulang tahun,fletcher Reeder terpaksa wajib mengungkapkan kebenaran selama 24 jam. Ini adalah situasi yang problematik sebab Fletcher seorang pengacara -seorang pembohong,kata sang anak- dan kelucuan sudah barang tentu terjadi ketika fletcher dalam ketakutannya yang luar biasa ,membuat diri sendiri salah tingkah karena tanpa daya mengocehkan jawaban-jawaban yang jujur atas setiap pertanyaan yang diajukan kepadanya.

Film ini tidak membuat orang yang menonton merasa bahagia atau senang,tetapi pasar bebas pada dasarnya adalah seperti putra tokoh Fletcher Reede -memaksa untuk berkata jujur.Namun meskipun hasilnya sangat memalukan bagi tokoh yang diperankan oleh Jim Carrey,kita akan menemukan bahwa dunia kebenaran mengantar kita ke ekonomi yang sangat efisien,ekonomi yang mustahil membuat seseorang beruntung tanpa membuat orang lain buntung.

****DETEKTIF EKONOMI****TIM HARFORD****

0 comment:

Posting Komentar